5 Zat Kimia Berbahaya yang Wajib Kita Ketahui

5 Zat Kimia Berbahaya yang Wajib Kita Ketahui

Terdapat banyak sekali zat kimia yang ada di alam. Sebagian besar aman bahkan bermanfaat untuk manusia. Namun, ada beberapa zat paling berbahaya di dunia. Bahkan zat-zat ini bisa menyebabkan kematian, masih ada banyak zat kimia lain sangat berbahaya dan takuti oleh ilmuwan sekalipun. Apa saja zat-zat kimia yang bisa dengan mudah membunuh manusia itu? Berikut adalah zat paling berbahaya didunia.

1. Fluoroantimonic acid (H2FsbF6)

Axit mạnh nhất thế giới hiện nay - Axit Fluoroantimonic

Asam Fluoroantimonat merupakan salah satu senyawa anorganik yang berbentuk cairan dengan rumus kimia H ₂FSbF ₆. senyawa ini dibuat dengan mereaksikan hidrogen fluorida dengan antimon pentafluorida dalam rasio stoikiometri 2:1. Asam Fluoroantimonat merupakan asam terkuat yang dikenal superasam.

Senyawa ini bersifat sangat korosif dan melelehkan tubuh manusia beserta tulangnya dalam sekejap.

2. Venomous Agent X

What Is VX Nerve Agent? A Deadly Weapon, Rarely Seen - The New York Times

VX merupakan senyawa golongan organofosfat yang sangat beracun. VX berupa cairan tidak berwarna dan tidak berbau yang mampu mengganggu sistem saraf tubuh dan digunakan sebagai racun saraf dalam perang kimia.

VX adalah singkatan dari Venomous Agent X. ini merupakan zat kimia sintetis yang dibuat oleh militer Inggris dan digunakan sebagai senjata. VX bisa membunuh manusia dengan mekanisme mematikan sinyal saraf dan otot, sehingga menyebabkan paralisis. Paralisis ini terjadi termasuk pada organ vital seperti paru-paru dan diafragma, sehingga orang yang terkena racun ini akan habis kekurangan oksigen.

3. Batrachotoxin

Batrachotoxin Racun Katak Panah - Gambar gratis di Pixabay

Batrachotoxin adalah alkaloid steroid kardio dan neurotoksik yang sangat kuat. Namanya berasal dari kata Yunani , bátrachos, ‘katak’. Senyawa kimia yang terkait secara struktural sering disebut secara kolektif sebagai batrachotoxins.

Racun batrachotoxin berasal dari katak yang bisa ditemukan di Colombia Barat. Nama kataknya adalah Phyllobates terribilis dan Phyllobates bicolor. Hanya dengan dosis 2 mikrogram per kilogram, batrachotoxin bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Batrachotoxin menyebabkan kematian dengan mengintervensi migrasi ion garam berlebih sehingga menyebabkan gagal jantung.

4. Klorin Triflouride

File:Chlorine-trifluoride-3D-balls.png - Wikipedia

Klorin trifluorida adalah sebuah senyawa interhalogen dengan rumus kimia ClF₃. Senyawa ini berwujud gas tak berwarna, beracun, korosif, dan sangat reaktif. Senyawa ini sering dijual dalam bentuk cair, dan dalam wujud ini ClF₃ berwarna kuning kehijauan muda.

Klorin triflouride adalah zat kimia yang sangat korosif, bahkan pada kaca. Zat ini biasa digunakan sebagai bahan bakar roket dan hanya bisa disimpan dalam kontainer yang terbuat dari logam flourine. Jika zat ini bertemu dengan air, akan menyebabkan ledakan yang luar biasa.

5. Azidoazide Azide (C2N14)

Azidoazide azide | Podcast | Chemistry World

Diazidocarbamoyl-5-azidotetrazole, sering secara informal disebut sebagai azidoazide azide, adalah senyawa anorganik heterosiklik dengan rumus C₂N₁₄. Ini adalah bahan peledak yang sangat sensitif.

C2N14 adalah bahan kimia paling mudah meledak yang pernah diciptakan oleh manusia. Rahasia dari mudahnya zat ini meledak adalah atom nitrogen di C2N14 bisa bergerak dengan cukup bebas. Hal ini menyebabkan atom nitrogen terus mencoba saling bersatu dan menghasilkan energi besar alias ledakan.
C2N14 sendiri dibuat oleh ilmuwan Jerman bantu oleh militer Amerika di tahun 2010. Sayangnya, penemuan zat ini segera disebut kesalahan karena sensitivitasnya luar perkiraan ilmuwan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *