PNG

JENIS STEK TANAMAN MENGGUNAKAN AKAR, BATANG, DAUN

Stek yaitu tehnik memperbanyak tanaman secara vegetatif. Artinya, memperbanyak tanaman di lakukan dengan cara memisahkan bagian vegetatif yaitu akar, batang dari tanaman induknya. Tanaman baru yang di hasilkan dari memperbanyak tumbuhan ini akan mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Bukan hanya itu, memperbanyak tumbuhan dengan cara ini juga dapat membuat masa matang tanaman lebih cepat, dengan menggunakan cara ini stek bunga dan buah lebih cepat berbuah atau berbunga. Berikut ini adalah jenis-jenis steak tanaman :

Stek batang

Stek batang yaitu jenis stek yang menggunakan bahan utama yang berasal dari potongan batang yang sudah di ubah sesuai dengan bentuk maupun fungsi. Potongan batang sesudahnya akan membentuk akar yang adventif.

Stek akar

Akar yaitu bagian tanaman yang berfungsi sebagai menyerap hara yang berada di dalam tanah dan media tanam. Bagian tubuh tanaman ini juga dapat di jadikan bahan perbanyakan. Akar yang sudah di jadikan bahan stek harus di pisahkan tanamannya dan di tanam di tempat media tanam. Sesudah beberapa waktu, stek akar pasti akan membentuk akar yang adventif dan akan membentuk tunas.

Stek daun

Stek daun yaitu memperbanyak tanaman menggunakan daun sebagai medianya dan salah satu kelengkapan bagian penyusunnya seperti tangkai daun. cara ini di bagi menjadi tiga bagian, yaitu seperti berikut ini :Stek daun dengan tangkai: perbanyakan tanaman menggunakan daun lengkap dengan tangkainya. Cara ini dapat di lakukan tanpa tangkai:

  • Stek daun menggunakan tangkai: memperbanyakan tanaman menggunakan daun tangkainya.
  • Stek potongan daun: memperbanyakan tanaman yang menggunakan potongan daun. Tanaman yang bisa diperbanyak teknik ini yaitu lidah mertua.
  • Stek daun tanpa tangkai: memperbanyakan tanaman menggunakan helai daun saja. Tanaman yang dapat diperbanyakan dengan cara ini antara lain jeruk nipis.

Baca juga : PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI HEWAN OMNIVORA

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di Kompetisi Online Terspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

1 komentar untuk “JENIS STEK TANAMAN MENGGUNAKAN AKAR, BATANG, DAUN”

  1. Pingback: SEJARAH DAN ASAL DAERAH UPACARA KASADA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *