Fakta Menarik tentang Hari Ibu

Fakta Menarik tentang Hari Ibu

Hari yang sangat menarik dan istimewa yang di peringati setahun sekali di seluruh dunia. Pada tahun 2022 ini Hari Ibu terjadi pada tanggal 22 Desemeber 2022 kemarin. Hari ibu menjadi hari dimana semua anak di seluruh dunia, untuk memberi atau meluangkan waktu untuk ibu mereka. Ada beberapa fakta tentang hari ibu.

Berikut ini beberapa fakta-faktanya :

1. Diperingati setiap 22 desember

Fakta tentang hari ibu yang pertama, pada laman resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menjelaskan bahwa sejarah hari ibu di Indonesia dimulai oleh pergerakan perempuan Indonesia, yang melahirkan suatu kongres perempuan pertama pada 22 desember 1928 lalu di yogyakarta.

2. Waktu perayaan yang berbeda

Hari ibu tak cuma dirayakan di Indonesia saja, tetapi juga di seluruh negara di dunia. Thailand merayakan hari ibu tiap 12 agustus, di Polandia diperingati tiap tanggal 26 mei, malawi 15 oktober, Qatar dan negara-negara Arab yang lainya memperingati hari Ibu tiap 21 maret. Sedangkan hari ibu Internasional jatuh pada tanggal 10 mei.

3. Diperingati sejak tahun 1953

Meskipun pada 22 desember bertempatan juga dengan pembukaan kongres perempuan tahun 1928, kenyataannya tahun 1953 lah hari ibu di Indonesia diresmikan dalam peringatan kongres perempuan Indonesia ke 25. Peresmian hari ibu ini ditetapkan oleh Presiden Soekarno dalam sebuah dekrit Presiden RI No.316 Tahun 1953.

4. Tak lagi seremonial

Di awal-awal presmiannya, hari ibu bersifat seremonial dengan mengujungi makam-makam pahlawan perempuan untuk menghayati perjuangan dari perempuan-perempuan pejuang kemerdekaan Indonesia. Tetapi hari ini, perayaan hari ibu jauh dari kesan seremonial. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperingati hari ibu seperti memberikan hadiah, bunga, jalan-jalan / meluangkan waktu bersama Ibu.

5. Berbeda perayaan negara

Hari ibu di Mesiko membuatkan rangkaian bunga, di Perancis hari ibu disebut juga Fetes des Meres. Anak-anak akan memberi Ibu mereka bunga dan juga kartu ucapan. Kemudian malam harinya akan diadakan makan malam bersama keluarga. Sementara Hari Ibu di Thailand dirayakan dengan meriahnya parade dan dekorasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *