4 BUDAYA DAN TRADISI MASYARAKAT MALUKU YANG UNIK

Maluku ialah suatu daerah kepulauan yang penuh dengan sejuta pesona dan juga keindahannya. Budaya ialah sebuah kehidupan yang sudah mencakup semua tradisi, kepercayaan, juga kebiasaan seni, dan adat istiadat yang di jalani oleh masyarakat yang ada di Maluku. Berikut sudah berhasil merangkum keempat budaya dan juga tradisi dari masyarakat Maluku :

Budaya Kalwedo

Budaya Kalwedo ialah salah satu budaya Maluku yang berasal dari masyarakat Maluku. Kalwedo mempunyai arti memiliki atas hidup bersama. Budaya Kalwedo juga sudah banyak menyatukan semua masyarakat barbar dan MDB pada ikatan yang sakral. Tali persudaraan Kalwedo ini di perlihatkan melalui kebudayaan hidup yang selalu berdampingan dengan baik.

Upacara Adat Fangnea Kidabela

Upacara ini berasal dari pulau Tanimbar ataupun yang sekarang bisa di sebut dengan Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Yang sudah menjadi suatu bentuk persatuan dan juga kesatuan.

Budaya Hawear

Ini berasal dari sumber sejarah yang ada keberadaanya pada masyarakat kepulauan Kei secara turun temurun. Ada seseorang gadis di berikan janur kuning oleh ayahnya. Janur kuning yang di berikan oleh ayahnya memiliki kekuatan untuk menjaganya dari gangguan apapun selama melakukan perjalanan panjangsaat akan bertemu dengan sang raja.

Batu Pamali

Batu Pamali yaitu sebuah representasi kehadiran leluhur di dalam kehidupan masyarakat. Terbentuk batu alas ataupun batu dasar yang di letakkan di samping samping rumah Baileo. Batu Pamali ialah juga bentuk atau salah satu sistem pemersatuan perbedaan dari kelompo orang-orang yang berada di sebuah negeri. Di sebuah negeri di daerah Maluku, juga di miliki oleh keseluruhan penduduk negeri.

Baca juga : 3 Tips Tenang dan Fokus saat Ujian

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di Kompetisi Online Terspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

1 komentar untuk “4 BUDAYA DAN TRADISI MASYARAKAT MALUKU YANG UNIK”

  1. Pingback: TUGAS ANGGOTA PANITIA SEMBILAN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *