PNG

TUGAS TUGAS ANGGOTA PANITIA SEMBILAN

Ada beberapa persiapan yang di lakukan para pejuang saat akan mengumumkan hari kemerdekaan, salah satunya yaitu membentuk panitia sembilan. Panitia tersebut di bentuk saat sidang yang kedua Badan Penyelidik Usaha-usaha persiapan kemerdekaan (BPUPKI) sedang berlangsung, yaitu tgl 10-16 Juli pada tahun 1945. Latar belakang pembentukan panitia sembilan karena rumusan dasar negara Indonesia oleh BPUPKI belum juga terbentuk. Oleh sebab itu, BPUPKI beristirahat selama sebulan dan di gantikan oleh panitia sembilan.

Penjelasan tentang panitia sembilan :

Anggota Panitia Sembilan
Anggota ini terdiri atas sembilan orang. Ada juga, panitia sembilan di ketuai Ir Soekarno dan wakilnya Drs Mohammad Hatta. Lalu, anggotanya adalah :

  • K.H.A Wahid Hasyim
  • Abdulkahar Muzakir
  • Drs Moh Yamin
  • H Agus Salim
  • Ahmad Soebarjo
  • Abikusno Cokrosuyoso
  • A.A Maramis

Tujuan Di Bentuknya Panitia Sembilan

Panitia sembilan ialah suatu anggota kecil yang di bentuk BPUPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan di Indonesia. Dengan terbentuknya anggota ini, yang di harapkan yaitu Indonesia dapat meraih merdeka secepat mungkin.

Tugas Panitia Sembilan

Panitia sembilan di tugaskan untuk mengerkan berbagai macam aspirasi pembentukan dasar negara Indonesia. Melainkan itu, anggota ini juga memikul tugas untuk membahas rumusan dasar negara Indonesia. Dari tugasnya, pada tanggal 22 Juni tahun 1946 panitia sembilan ahirnya berhasil juga melahirkan Piagam Jakarta, yakni :
1.Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat syariat Islam bagi pemeluknya
2.Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.Persatuan Indonesia
4.Kerayatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Dan akhirnya, Rancangan Pembukaan Undang-undang Dasar Negara 1945 berhasil di susun di ambil dari Piagam Jakarta.

Baca juga : 4 BUDAYA DAN TRADISI MASYARAKAT MALUKU YANG UNIK

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di Kompetisi Online Terspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *